Wednesday, April 1, 2015

KAPOLDA SUMUT Beri Kuliah Umum Di UNIMED

Universitas Negeri Medan kembali mendapatkan penghargaan dengan mendapatkan kunjungan kehormatan dari Kepala Polisi Daerah Sumatera Utara (KAPOLDASU) Irjen. Pol. Drs. Eko Hadi Sutedjo, S.H. M.Si. dalam memberikan kuliah umum dihadapan civitas akademika Unimed dengan tema: “Pendidikan Karakter dan Revolusi Mental serta Signifikansinya dalam Upaya Pemanfaatan Kamtibmas di Sumatera Utara”. Kuliah umum ini dilaksanakan oleh PUSHAM Unimed pada Rabu, 25 Maret 2015 di ruang sidang A Biro Rektor Unimed. Hadir dalam kegiatan ini yakni Kapoldasu beserta Dirbinmas, Dirresnarkoba, Kepala SPN, Dirkrimum dilingkungan Poldasu, Kapolresta Medan, Waka Polresta Medan, Kapolres Deli Serdang, Kapolsek Percut Sei Tuan. Sedangkan dari internal Unimed, hadir Rektor, wakil rektor, dekan, wakil dekan Kepala Pusham Unimed dan ratusan dosen dan mahasiswa. 


Tujuan dari pelaksanaan kuliah umum yang disampaikan oleh Kapoldasu ini yakni : a) untuk memberikan pemahaman mengenai peran kepolisian dan masyarakat dalam mengantisipasi tindakan kriminalitas yang terjadi di wilayah Sumatera Utara. b) untuk memberikan trik terkait antisipasi kejahatan yang terjadi di jalanan dalam mengantisipasi terjadinya tindakan kriminalitas. c) hadirkan inisiatif dan kemitraan antara perguruan tinggi dan kepolisian dalam menanggulangi tindakan kriminalitas di Sumatera Utara.
Rektor Unimed Prof. Dr. Ibnu Hajar, M.Si, dalam sambutannya mengucapkan selamat datang dikampus hijau dan sejuk Unimed ini, semoga Kapolda dan jajarannya merasa tentram selama dikampus Unimed. Rektor juga mengatakan bahwa Unimed sangat siap bermitra kepada Polisi Daerah Sumatera Utara (POLDASU), kita Unimed siap memberikan masukan-masukan serta kritikan-kritikan yang membangun dalam mensukseskan tugas dan fungsi polisi di wilayah Sumatera Utara. SDM Unimed yang berasal dari beragam disiplin ilmu siap kita abdikan untuk membantu polisi dalam menentukan kebijakan-kebijakan baru dalam hal keamanan dan ketertiban di masyarakat Sumatera Utara.
 
Kapoldasu Irjen. Pol. Drs. Eko Hadi Sutedjo, S.H. M.Si, dalam paparannya mengatakan agar Unimed terus melakukan terobosan dan mengimplementasikan dalam perkuliahan sehingga akan melahirkan ilmuwan muda berkarakter yang tentunya akan membentuk generasi anak bangsa berilmu dan berkarakter. Saya salut dan bangga Unimed memiliki motto The Character Building University, artinya Unimed akan melahirkan ilmuwan yang tidak hanya cerdas akan tetapi berkarakter. Dengan demikian pastinya akan berdampak positif dalam membentuk masyarakat dan menjunjung tinggi nilai-nilai pancasila. Saya juga mengajak seluruh civitas akademika Unimed agar menjaga perilaku diri dan lembaga kita agar tercipta ketertiban umum yang menyamankan kehidupan sosial bermasyarakat. Semoga Unimed maju dan jaya dalam melahirkan generasi muda ilmuwan yang dapat mendukung pemerintah dalam hal ketertiban dan keamanan kehidupan bermasyarakat. Saya yakin Unimed pasti bisa.     
 
Kepala PUSHAM Unimed Majda El Muhtaj mengatakan bahwa perguruan tinggi yang memproduksi guru sebagai penyangga pendidikan terdepan, harus menyadari ini sebagai kemunduran pendidikan yang mesti segera diselesaikan. Pendidikan karakter merupakan solusi cerdas yang diwacanakan di Indonesia untuk mengubah paradigma pemikiran anak remaja untuk mengantisipasi dampak buruk kemajuan globalisasi saat ini, yang berdampak pada kehidupan ekonomi keluarga. Kuliah umum ini akan mendialogkan peran strategis perguruan tinggi dalam bekerjasama dengan pihak kepolisian dalam mengantisipasi terjadinya pengikut pelaku kejahatan kriminalitas jalanan (begal).

Semoga kehangatan dan keharmonisan antara Kapoldasu dan jajarannya dengan civitas akademika Unimed akan terus berlanjut dalam bentuk kegiatan bersama atau melibatkan Unimed dalam berbagai kegiatan yang relevan dengan Unimed. (Humas Unimed).

0 comments:

Post a Comment